RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMA Negeri
2 Kudus
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa
Inggris
|
Kelas/Semester
|
:
|
X/Gasal
|
Materi
|
:
|
Percakapan
transaksional dan interpersonal
|
Siklus
|
:
|
Lisan
(Listening and Speaking)
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
4 X 45
menit
|
I. Standar kompetensi :
Mendengarkan :
- Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Berbicara :
3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
II. Kompetensi dasar:
1.1. Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get
things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak
resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar
dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan
tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan / tawaran /
undangan,menerima janji, dan membatalkan janji.
3.1.Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things
done) dan terpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat,
lancar danbberterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan
sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur :
berkenalan, bertemu / berpisah, menyetujui ajakan / tawaran / undangan,
menerima janji , membatalkan janji.
III. Indikator :
- Mengidentifikasi makna tindak tutur berkenalan.
- Merespon tindak tutur berkenalan.
- Menggunakan tindak tutur berkenalan.
- Mengidentifikasi makna tindak tutur menyetujui tawaran / undanagan / ajakan.
- Merespon tindak tutur menyetujui tawaran / undanagan / ajakan.
- Menggunakan tindak tutur menyetujui tawaran / undanagan / ajakan.
- Mengidentifikasi maskna tindak tutur menerima janji
- Merespon tindak tutur menerima janji
- Menggunakan tindak tutur menerima janji
- Mengidentifikasi makna tindak tutur membatalkan janji.
- Merespon tindak tutur membatalkan janji.
- Menggunakan tindak tutur membatalkan janji.
IV. Tujuan pembelajaran :
Siswa dapat :
- Menggunakan tindak tutur berkenalan dengan baik dalam berbagai situasi
- Mengidentifikasi makna tindak tutur menyetujui tawaran / undanagan / ajakan.
- Merespon tindak tutur menyetujui tawaran / undanagan / ajakan.
- Menggunakan tindak tutur menyetujui tawaran / undangan / ajakan.
- Mengidentifikasi maskna tindak tutur menerima janji
- Merespon tindak tutur menerima janji
- Menggunakan tindak tutur menerima janji
- Mengidentifikasi makna tindak tutur membatalkan janji.
- Merespon tindak tutur membatalkan janji.
- Menggunakan tindak tutur membatalkan janji.
V. Materi pembelajaran:
a. Berkenalan, bertemu/ berpisah.
Mis. X : Pleased to meet you.
Y : Pleased to meet you too.
b. Menyetujui ajakan / tawaran / undangan.
Mis. X : Come to my party?
Y : Thank for the invitation.
c. Menerima janji.
Mis. X : I’ll get you the book.
Y : It’s very kind of you
d. Membatalkan janji.
Mis. X : I’m sorry I can’t make it.
Y : That’s OK. We’ll do it some other time.
VI. Metode pembelajaran:
Demonstrasi.
VII .Langkah – langkah pembelajaran :
Pertemuan ke – 1
Eksplorasi :
- Menyimak ungkapan tentang berkenalan
- Menyimak ungkapan tentang menyetujui ajakan / tawaran / undangan
Elaborasi :
- Mengidentifikasi makna tindak tutur berkenalan
- Merespon tindak tutur berkenalan.
- Menggunakan tindak tutur berkenalan.
- Mengidentifikasi makna tindak tutur menyetujui tawaran / undanagan / ajakan.
- Merespon tindak tutur menyetujui tawaran / undanagan / ajakan.
- Menggunakan tindak tutur menyetujui tawaran / undanagan / ajakan
Konfirmasi
- Menanyakan kesulitan siswa dalam memahami percakapan yang mengungkapkan berkenalan dan menyetujui ajakan / tawaran / undangan.
- Menyimpulkan materi yang baru dipelajari.
Pertemuan ke – 2
Eksplorasi :
- Menyimak ungkapan tentang menerima janji.
- Menyimak ungkapan tentang membatalkan janji.
Elaborasi
a. Mengidentifikasi makna tindak tutur menerima janji
b Merespon tindak tutur menerima janji
c. Menggunakan tindak tutur menerima janji
d. Mengidentifikasi makna tindak tutur membatalkan janji.
e. Merespon tindak tutur membatalkan janji.
f. Menggunakan tindak tutur membatalkan janji
Konfirmasi :
- Menanyakan kesulitan siswa dalam memahami percakapan yang mengungkapkan menerima janji dan membatalkan janji.
- Menyimpulkan materi yang baru dipelajari.
- Menugaskan siswa mempraktekan ungkapan tertsebut.
VIII. Alat / bahan /sumber belajar :
- LKS modul pembelajaran bahasa Inggris Kelas X.
- English for a better life Grade X by Pakar Raya
IX.Penilaian :
- Tugas Terstruktur : Tes lisan
- Bentuk :- Pertanyaan lisan
Performans.
Pedoman penskoran speaking ( khusus wacana Transaksional dan Interpersonal
)
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor
|
1
|
Leksikogramatika
( Grammar dan Vocabulary )
|
4
3
2
1
0
|
2
|
Manajemen
wacana.
|
4
3
2
1
0
|
3
|
Ucapan dan
intonasai
|
4
3
2
1
0
|
4
|
Komunikasi
interaktif.
|
4
3
2
1
0
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar